Wirausaha

Wirausaha

   Apa itu Wirausaha, Wirausaha dapat di artikan sebagai "individu yang mendirikan,mengelola,dan mengembangkan Bisnis atau Usaha dengan tujuan untuk menciptakan nilai tambah,menghasilkan keuntungan,dan mengelola resiko." Atau sering di pandang sebagai seorang inovator,sumber ide,barang,jasa atau bisnis baru. Lalu seorang yang menjalankan sebuah wirausaha di sebut sebagai wirausahawan

 
   Lalu apa sih keuntungan dari seorang wirausahawan pertama seorang wirausahawan akan memilik waktu yang lebih longgar di banding dengan seorang yang bekerja, kedua seorang Wirausahawan memiliki pendapatan yang besar, meningkatkan kreativitas, mampu bergerak mandiri dalam berbisnis, dapat menciptakan lapangan pekerjaan kepada orang lain, Tempat berwirausaha dapat berbentuk apa saja bisa berupa toko,perternakan,toko online,swalayan dan lain lain

   Namun walau memiliki banyak keuntungan tapi kegiatan berwirausaha adalah kegiatan yang tidak pasti ada kalanya mendapat keuntungan ada kalanya mendapat kerugian entah berbentuk materil atau berbentuk popularitas dan yang paling parah adalah kebangkrutan.

  oleh sebab itu seorang wirausahawan di tuntut harus mampu melakukan identifikasi peluang pasar agar bisa meminimalisir kerugian di masa depan, berikut beberapa point yang harus di kuasai seorang wirausahawan  diantaranya:

•Mengetahui kelayakan suatu bisnis
Kegiatan ini di maksudkan untuk mengetahui seberapa layak bisnis tersebut sebelum di jalankan apakah akan di minati atau tidak apakah nanti akan ada kompetitor dan sebagainya.

•Mengenali Kompetitor Bisnis
Analisa kompetitor bisnis adalah yang ada dengan lebih mengenal kompetitor kita akan mampu mengetahui kelebihan dan kelemahan dari kompetitor bisnis kita dan bisa menjadikan hal tersebut evalusi atas bisnis kita.

•Memahami Resiko yang akan di hadapi
Sebagai seorang pembisnis sudah seharusnya tahu apa resiko yang akan di hadapi ketika memulai sebuah bisnis apalagi bila bisnis itu adalah bisnis baru atau bisnis yang memiliki kompetitor,oleh sebab itu seorang wirausahawan atau pembisnis harus mampu menganalisis pasar agar mampu membaca resiko apa yang akan di hadapi dan bagaimana menyelesaikan nya secara sigap dan tanggap.

•Mengenal Calon Konsumen
Selanjutnya adalah mengenal Calon konsumen. Mengenal calon konsumen adalah sesuatu yang harus di laksanakan seorang wirausahawan atau pembisnis dengan lebih mengenal konsumen kita dapat membuat target marketing yang lebih efektif dalam menjangkau pelanggan.

•Siap dalam menghadapi persaingan kedepannya
Seorang pembisnis atau wirausaha harus siap terhadap persaingan dengan kompetitor yang terus berkembang.

•Memproyeksikan keuntungan bisnis
Hal ini di lakukan untuk mengukur seberapa besar proyeksi keuntungan yang akan di dapatkan dari bisnis hal ini penting karna proyeksi keuntungan ini akan menjadi acuan dalam melakukan pengeluaran bisnis nantinya.

•Mengetahui potensi pertumbuhan bisnis
Dengan mengetahui potensi pertumbuhan bisnis seorang pembisnis akan mampu mengetahui kesempatan apa yang bisa di gunakan sehingga mampu meningkatkan keuntungan bisnis.

•Kesimpulan
Baik dari point point yang di paparkan di atas dapat kita petik sebuah informasi bahwa kegiatan berWirausaha harus di barengi dengan pengetahuan pengetahuan yang di perlukan untuk mendapatkan kinerja bisnis yang baik. Dengan mengamalkan point point di atas mungkin bisa membuat kita lebih siap dalam memulai suatu bisnis.

~Thud 03/12/2023 21.05 WIB

Komentar